PENGARUH KEPEMIMPINAN PELAyANAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KERJA

Ade Jaya, Sutisna and Juliansyah, Noor (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN PELAyANAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KERJA. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 8 (1): 26. pp. 283-292. ISSN 2528-5149

[thumbnail of 34127-Article Text-165013-1-10-20220211.pdf] Text
34127-Article Text-165013-1-10-20220211.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract: This study purpose to examine servant leadership (SL) influence on job performance (JP) and to examine the organizational commitment (OC) role as a mediator. Data were collected from 230 employees of Insurance firms in Banten province, Indonesia employing a 15-item questionary. In total, 220 questionnaires were reverted, outcome in a reply rate of 95 percent. The model of mediating was analyzed and tested employing structural equation modeling (SEM) with Partial Least Square (PLS)3.3.2. The finds indicated that SL had a positive between OC and JP confirming the OC role as a mediator. This result shows that managers are able to increase OC and JP by employing an SL style. Furthermore, the managerial fundamentals resulted from this finding must be considered a solution for increasing JP. The contribution of this results in the JP concept by giving a reasonable explanation of OC's role as a mediator in relating SL to JPKeywords: job performance, servant leadership, organizational commitment, Banten, SEMAbstrak: Penelitian ini bertujuan menguji dampak kepemimpinan pelayanan (KP) terhadap kinerja kerja (KK) dan untuk mengetahui peran komitmen organisasi (KO) sebagai mediator. Data dikumpulkan dari 230 karyawan perusahaan asuransi di provinsi Banten, Indonesia menggunakan survei 15 item. Secara total, 220 kuesioner dikembalikan, menghasilkan tingkat respons 95 persen. Model mediasi dianalisis dan diuji dengan menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) 3.3.2. Temuan memperlihatkan bahwa KP berpengaruh secara signifikan pada KK dan KO. Temuan lebih lanjut menunjukkan pentingnya hubungan antara KO dan KK yang menegaskan peran KO sebagai mediator. Studi ini menunjukkan bahwa manajer dapat meningkatkan KO dan KK dengan menggunakan gaya KP. Selanjutnya, landasan manajerial yang dihasilkan dari penelitian ini dapat dipertimbangkan sebagai solusi untuk meningkatkan KK. Kontribusi penelitian ini terhadap konsep KK dengan memberikan penjelasan yang masuk akal tentang peran KO sebagai mediator dalam menghubungkan KP dengan KK.Kata kunci: kinerja kerja, kepemimpinan pelayanan, komitmen organisasi, Banten, SEM

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:25
Last Modified: 09 Dec 2022 02:56
URI: http://repository.latansamashiro.ac.id/id/eprint/4

Actions (login required)

View Item
View Item